ADMIN_WEB - 03 Des 2024 15:31:26 WIB
1.1 Melaksanakan Ibadah Bersama dengan tepat waktu dan bisa menjadi panutan bagi warga sekolahnya
1.2. Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah
1.3. Empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah
1.4. Kemampuan mengembangkan budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun dan mengembangkan kepribadian muhammadiyah.
2. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah Muhamadiyah..
2.1. Terbuka menerima pendapat, kritik dan saran dari pihak lain
2.2 Melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunan program sekolah muhammadiyah
2.3. Terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah muhammadiyah
2.4. Terbuka dalam membangun sistem informasi manajemen sekolah muhammadiyah
3. Mengendalikan diri dalam meghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah muhammadiyah
4. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, dan Perserikatan muhammadiyah.
4.1. Berperan aktif dalam pelaksanaan program perserkatan dibidang sosial kemasyarakatan (contoh : donor darah, bencana alam dan lainnya)
4.2. Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh : gotong royong, kerja bakti, kebersihan lingkungan)
4.3 Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh : pengurus RT, RW dan lainnya)
5. Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber, dan pembiayaan sekolah muhammadiyah.
5.1 Mampu menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarkat.
5.2 Mampu membuat program kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta
PROGRAM KERJA SAMA SEKOLAH DASAR (SD) DAN PAUD/TAMAN KANAK-KANAK (TK)
Tahun Ajaran [2024/2025]
1. Nama Program: Pendidikan Transisi untuk Persiapan Masuk SD
Tujuan Program:
Mempersiapkan siswa TK untuk mengikuti jenjang pendidikan dasar dengan lancar.
Mengembangkan keterampilan dasar siswa PAUD/TK dalam literasi, numerasi, dan kemampuan sosial.
Memperkenalkan siswa TK pada lingkungan sekolah dasar.
2. Nama Program: Kunjungan Pendidikan dan Pengenalan Lingkungan Sekolah Dasar
Tujuan Program:
Memperkenalkan siswa PAUD/TK pada suasana dan kegiatan di SD.
Memberikan pengalaman belajar langsung melalui observasi kegiatan kelas 1 SD.
Membangun minat siswa TK terhadap lingkungan belajar SD.
Kegiatan:
Siswa TK melakukan kunjungan rutin ke SD (sekali sebulan).
Pengenalan fasilitas sekolah: ruang kelas, perpustakaan, lapangan, dan kantin.
Siswa TK mengamati kegiatan belajar mengajar di kelas 1.
Interaksi dengan siswa kelas 1 SD, seperti bermain bersama atau mengikuti pelajaran praktis.
3. Nama Program: Pelatihan Guru PAUD/TK dan SD
Tujuan Program:
Meningkatkan kompetensi guru PAUD/TK dan SD dalam mendampingi anak-anak usia transisi.
Memperkuat sinergi dalam metode pengajaran antara PAUD/TK dan SD.
Membekali guru dengan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan psikologis anak.
Kegiatan:
Pelatihan bersama guru PAUD/TK dan SD tentang metode pembelajaran transisi.
Lokakarya pengembangan kurikulum integratif antara TK dan SD.
Diskusi dan berbagi praktik terbaik dalam mendidik anak usia dini dan usia sekolah dasar.
4. Nama Program: Lomba Kreativitas dan Kebersamaan
Tujuan Program:
Mengembangkan kemampuan motorik, kognitif, dan sosial anak melalui kegiatan kompetitif yang menyenangkan.
Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kerjasama antara siswa TK dan SD.
Kegiatan:
Lomba mewarnai, menyusun balok, dan permainan edukatif lainnya yang melibatkan siswa TK dan SD.
Lomba kreativitas seperti pembuatan prakarya sederhana (kolase, gambar, atau proyek seni).
Kegiatan lomba yang mendorong kolaborasi antara siswa TK dan kelas 1 SD, seperti estafet tim atau permainan edukatif.
Mekanisme Pelaksanaan:
Koordinasi: Pertemuan rutin antara guru, kepala sekolah TK/PAUD, dan kepala sekolah SD untuk merencanakan dan mengevaluasi program.
Penjadwalan: Semua kegiatan akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang disepakati oleh kedua belah pihak, biasanya di awal semester.
Monitoring dan Evaluasi: Evaluasi program akan dilakukan setiap akhir semester untuk mengukur keberhasilan dan area yang perlu ditingkatkan.
Penutup
Program kerja sama ini diharapkan dapat memfasilitasi proses transisi siswa PAUD/TK ke SD secara lebih baik, sehingga anak-anak siap secara akademik dan emosional untuk jenjang pendidikan dasar.
5.3. Melaksanakan program kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta