ADMIN_WEB - 05 Des 2024 09:36:11 WIB
6. Bertindak sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah muhammadiyah
6.1. Mampu menyusun program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah muhammadiyah
VISI, MISI, TUJUAN, DAN BRANDING SEKOLAH
Analisis karakteristik satuan Pendidikan dan analisis kebutuhan digunakan sebagai arah perumusan visi, misi, dan tujuan SDS Muhammadiyah 27. Tidak hanya itu saja, perumusan tersebut juga berangkat dari Profil Pelajar Pancasila. Berikut adalah visi, misi, dan tujuan SDS Muhammadiyah 27.
Tujuan Pendidikan Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan berikut : tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Lebih lanjut dijabarkan dalam profil pelajar pancasila. Profil pelajar pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dari pemangku kepentingan. Profil pelajar pancasila terdiri dari 6 dimensi dengan penjabaran elemen masing-masing dimensinya. Adapun dimensi yang dimaksud adalah: 1) beriman bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, 2) berkebinekaan global, 3) bergotong royong, 4) kretaif, 5) bernalar kritis, dan 6) mandiri (Nurhikmah, 2022).
Visi SDS Muhammadiyah 27 perlu adanya revisi sehingga sejalan dengan segala perubahan dan tantangan dunia pendidikan. Visi SDS Muhammadiyah 27 menekankan pada penanaman karakter profil pelajar pancasila yang dikaitkan dengan isu-isu lingkungan. Karena selain menerapkan Kurikulum Satuan Pendidikan juga memberikan edukasi tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan di Sekolah (PBLHS). Berikut Visi SDS Muhammadiyah 27 yaitu :
“Menjadikan generasi yang bertakwa dan berakhlaqul karimah serta berwawasan global”.
Misi Sekolah Dasar SDS Muhammadiyah 27 ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi sekolah dan elemen Profil Pelajar Pancasila serta Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Misi SDS Muhammadiyah 27 adalah sebagai berikut:
Tujuan akhir yang diharapkan SDS Muhammadiyah 27 dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan misi sekolah yaitu :
Sekolah sebagai tempat menempuh ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter generasi bangsa. Profil Pelajar Pancasila diharapkan mampu membentuk sumber daya manusia yang unggul sebagai pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Dalam pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah, maka disusun kompetensi lulusan peserta didik SDS Muhammadiyah 27 sebagai alat ukur pencapaian kurikulum dan target pelaksanaan proses pembelajaran pelaksanaan Kurikulum SDS Muhammadiyah 27
Adapun kompetensi lulusan SDS Muhammadiyah 27 mempertimbangkan dimensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara berimbang sesuai capaian pembelajaran pada setiap fase di sekolah dasar, membentuk Profil Pelajar Pancasila, dan inovatif, tangguh dan memiliki kecakapan hidup yang dibutuhkan untuk masa depannya. Berikut adalah kompetensi lulusan yang ingin dicapai SDS Muhammadiyah 27.
Adapun kriteria untuk kelulusan peserta didik dari SDS Muhammadiyah 27 adalah sebagai berikut:
6.2. Mampu menerapkan program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah muhammadiyah
6.3. Mampu mengambil keputusan dan berani menghadapi tantangan/resiko untuk tercapainya visi dan misi sekolah muhammadiyah
6.4. Mampu mengevaluasi program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah muhammadiyah
7. Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standar yang tinggi di sekolah muhammadiyah
7.1. Specific (tujuan yang fokus pada pencapaian standar)
7.2. Measurable (dapat diukur)
7.3 .Achievable (dapat dicapai)
7.4 .Realistic (berbasis kondisi nyata)
7.5. Time bound (target waktu yang jelas)
1. Specific (tujuan yang fokus pada pencapaian standar)
2. Measurable ( dapat diukur)
3. Achievable (dapat dicapai)
4. Realistic (berdasarkan kondisi nyata)
5. Time-bound (target waktu yang jelas)
8. Mengembangkan sekolah muhammadiyah menuju organisasi pembelajar (learning organization)
8.1. Mampu merencanakan program pengembangan organisasi pembelajaran
8.2. Mampu melaksanakan program pengembangan organisasi pembelajar
9. Menciptakan budaya dan iklim sekolah muhammadiyah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
9.1. Mampu membuat program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
1. Program "Sekolah Ramah Anak"
Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan inklusif. Fokusnya adalah memastikan bahwa semua siswa merasa dihargai, aman dari bullying, dan memiliki akses ke ruang belajar yang mendukung perkembangan emosi dan akademik mereka.
Contoh Kegiatan:
2. Program "Guru Inovatif"
Program ini mendorong guru untuk menerapkan metode pembelajaran inovatif di kelas. Guru dilatih untuk menggunakan teknologi dan pendekatan baru dalam mengajar, seperti flipped classroom, blended learning, dan gamifikasi.
Contoh Kegiatan:
3. "Language and Culture Exchange"
Program ini bisa diintegrasikan dengan English Club atau mata pelajaran bahasa, di mana siswa berinteraksi dengan sekolah di negara lain untuk pertukaran bahasa dan budaya.
Contoh Kegiatan:
9.2. Mampu melaksanakan program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
9.3. Mampu mengevaluasi program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
9.4. Mampu melaksanakan program tindak lanjut berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
10. Memegang teguh tujuan sekolah muhammadiyah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran
10.1. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan prestasi akademik dan non akademik siswa
10.2. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru
10.3. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan
10.4. Mampu menjadi contoh pemimpin pembelajaran
11. Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif dan Kreatif
11.1. Mampu menerapkan kepemimpinan yang dapat memotivasi warga sekolah dalam mencapai tujuan sekolah
11.2. Mampu menerapkan kepemimpinan yang kreatif
11.3. Mampu menerapkan kepemimpinan yang inovatif
11.4. Mampu menjadi inspirasi warga sekolah berkaitan keteladanan penerapan nilai-nilai karakter
11.4. Mampu menjadi inspirasi warga sekolah berkaitan keteladanan penerapan nilai-nilai karakter
12.1. Mampu membangun rasa saling percaya seluruh warga sekolah
12.2. Mampu membangun kerjasama seluruh warga sekolah
12.3. Mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk memfasilitasi kerja sama yang baik